Kehidupan Dunia

Time is more valuable than money



Oke guys, mulai serius yah…
Kalau diinget-inget, nikmat Allah yang paling berharga, adalah kesehatan. Kesehatan adalah pengisi kehidupan, tetapi waktu adalah tubuhnya.

1.       The World

          Filosifi time is money merupakan filosofi orang kapitalis yang mengaggap semua kehidupan dapat dicukupi dengan uang. Padahal tidak semua harta itu dibawa mati, melainkan harta yang di jalan Allah yang akan menerangi kuburan kita kelak.

          Dunia tidak lain hanyalah jembatan dari alam akhirat ke alam akhirat lagi. Bahasa sederhananya, kehidupan dunia adalah medan persediaan dan persiapan untuk menuju kehidupan akhirat yang kekal sepanjang zaman. Ar-Raghib mengatakan, Kekal adalah terbebasnya sesuatu dari segala macam kerusakan dan tetap dalam keadaan semula.

          Kehidupan di dunia serba terbatas. Segala yang ada di dunia tidak akan mampu memuaskan keinginan manusia. Adapun kebenaran dan keburukan silih berganti bagaikan pergantian pagi dan malam. Semuanya adalah kodrat Allah karena disanalah kita akan diuji. Jadi menurut gue dunia adalah sebuah portal kehidupan yang visinya adalah mengabdi kepada Allah (adz dzariyat: 56), termasuk segala sesuatu kegiatannya karena itu semua akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat.

          Afwan disini tidak membahas hakikat penciptaan manusia terlalu dalam. Intinya dunia adalah dunia semu untuk membuktikan kepantasan manusia itu akan surga Allah (Al Ankabut: 2-3). Jadi hakikat kehidupan di dunia ini hanyalah laboratorium permainan yang kecil dan serba terbatas. Laboratorium tersebut memiliki banyak tantangan. (Al Ankabut: 64).

          Dunia memang tempat ujian manusia. Tidak semua orang mendapatkan hidayah Allah, maka sangat beruntunglah bagi yang mendapatkannya. Namun akhirat merupakan wilayah absolut kekuasaan orang-orang yang mendapatkan hidayah Allah atas izin-Nya (An Nahl :30).

          Dunia sebagai tempat ujian manusia tentu terdapat suatu perjuangan di sana. Sesungguhnya, hidup dapat dianalogikan sebagai medan perang. Prinsip yang berlaku di sini adalah menang atau kalah, menjadi pemenang atau pecundang. Hadiah yang disediakan pun sangat fantastis. Surga yang abadi bagi pemenang, dan neraka yang kekal bagi pecundang. Namun berperang dengan siapa? Tentu saja berperang dengan setan.

2.       Kehidupan Akhirat

          Oleh karena itu gue pengen mejabarkan sedikit nikmat surga agar rekan-rekan semua tertarik pada surga-Nya. Inilah guys berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga- surga itu. Mereka mengatakan: ‘Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah- buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya.” (QS al-Baqarah: 25).

          Perlu kita ketahui bahwa prosesi di yaumul jaza’ sangat mendebarkan. Saat proses pengadilan seperti orang yang dipengadilan dimana yang dimuka adalah para malaikat (al fajr: 17). Adapun proses pengadilan ini sangatlah mendebarkan. Disana di tunjukkan berbagai perbuatan kita, dan bagian yang paling mendebarkan adalah prosesi pemberian kitab catatan amal kita. Orang yang memperoleh catatan amal dari sebelah kanan akan sangat bahagia karena ia akan diperiksa dengan mudah dan kembali kepada keluarganya yang baik-baik. Sedangkan orang yang memperoleh catatan amal dari sebelah belakang, maka ia akan diikat leherny, dibelenggu tangannya kemudian diseret ke neraka yang menyala-nyala

          Adapun siksa di neraka, itu tidak akan mampu kita bayangkan. Kehidupan akhirat tidak dapat kita nalar sebagaimana manusia primitive berfikir tentang teknologi 5G. Bayangkan saja, bagaiamana beratnya siksa neraka kalau siksa yang paling ringan adalah ketika bara api ditaruh di tumit manusia, maka seketika otak Anda akan matang dan mendidih. Anda tahu kan air yang dimasak oleh istri Anda yang mendidih itu? Bila disana Anda merasakan dahaga maka hanya ada dua pilihan, yaitu air yang sangat panas atau nanah.. Naudzubillahimindzalik, semoga kita dihindarkan dari siksa api neraka tersebut dan yang lebih parah…

          Mengingat akan janji Allah, yaitu surga dan neraka ini akan membantu kita untuk kembali menyadari makna kehidupan ini. Allah SWT memberikan jaminan, Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Ali Imran: 200)

Ini adalah video bagi Anda yang ingin lebih takut akan yaumul mizan nanti..
Bismillah, 




          Wallahua’lam Bisshowab


Semoga kita kelak bisa kembali berkumpul di surga-Nya … امين

Share:

0 komentar